Komponen Desain Grafis

Dalam membuat sebuah desain grafis diperlukan pengetahuan tentang unsur atau komponen yang ada dalam desain grafis, berikut adalah komponen desain grafis :

1. GARIS
   Garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur untuk membangun bentuk atau konstruksi desain. Garis secara orientasi terdiri dari :
  • Garis Lurus Horizontal
  • Garis Lurus Vertikal
  • Garis Lurus Miring/Diagonal
  • Garis Melengkung (Kurva)
2. BENTUK
   Bentuk disebut juga shape, dihasilkan dari garis-garis yang tersusun sedemikian rupa. Bentuk ada yang berbentuk 2 dimensi (dwimatra) dan 3 dimensi (trimatra). Penggunaan Bentuk yang efektif akan secara psikologi memotivasi audience, menginspirasi audience dan memberikan tantangan kepada audience, kadang tanpa si audience menyadari kenapa bisa termotivasi. Dan setiap bentuk mempunyai arti tersendiri tergantung budaya, geografis dll.

3. ILUSTRASI
    Gambar di desain grafis bisa terbagi berdasarkan metodenya :
  • Manual / hand drawing / gambar tangan. dengan menggunakan alat seperti pensil, air brush, kuas, cat, spidol dll. cocok untuk pembuatan konsep, sketsa, ide karikatur, komik, lukisan dll. 
  • Computerized, dengan menggunakan komputer dapat membuat gambar secara vektor atau bitmap.
    Format vektor yang terdiri dari koordinat-koordinat, cocok untuk pembuatan logo dan gambar line-art. Format bitmap yang terdiri dari pixel-pixel, cocok untuk foto.

4. WARNA
   Warna adalah faktor yang sangat penting dalam komunikasi visual, ini dikarenakan setiap warna mempunyai karakteristik tersendiri. Dengan warna akan didapatkan komunikasi yang efektif antara desain dengan audience. Warna juga dapat memberikan dampak psikologis, sugesti, suasana bagi yang melihatnya.

5. TIPOGRAFI
     Tipografi merupakan seni memilih dan menata huruf pada ruang untuk menciptakan kesan khusus, sehingga akan pembaca dapat membaca semaksimal mungkin perkembangan tipografi mengalami perkembangan dari cara manual / dengan tangan (hand drawn) hingga menggunakan komputer. dengan komputer, penggunaan tipografi menjadi lebih mudah dan lebih cepat dengan pilihan huruf yang variatif.

6. RUANG
    Dengan ruang akan dirasakan jauh-dekat, tinggi-rendah, panjang-pendek, kosong-padat, besar-kecil dll. Ukuran tersebut sifatnya relatif. Dalam desain grafis ruang kosong bukan berarti ruang yang tidak bermanfaat atau ruang yang harus diisi, justru ruang kosong adalah komponen desain grafis.

SUMBER : SUMBER

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOFT COMPUTING

Definisi Animasi