Jenis-Jenis Desainer Grafis

Seperti kita ketahui Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual. yang telah dibahas di post sebelumnya yaitu Sejarah : Desain Grafis.

Dalam Desain Grafis ada beberapa kemampuan orang dalam melakukan desain grafis tersebut, namun tidak sedikit juga yang menguasai hampir semuanya. Berikut adalah sebagian jenis Desainer Grafis

1. Drafter
Desainer khusus untuk membuat arsitektur dan rancangan bangun yang simetris dan digunakan untuk keperluan pembuatan sesuatu yang memerlukan ketelitian tinggi. Drafter ini membutuhkan orang orang yang ahli dalam bidang Autocard, Archicard, 3D revit architectur. Sangan dibutuhkan didunia arsitektur.

2.Editor
Desainer khusus untuk membuat cover, sampul, banner, dsb. dan membuat karya desain grafis seperti : brosur, kartu nama, logo, pin, poster, dsb. yang memerlukan pandangan dan software yang harus dikuasai yaitu : CorelDraw, Photoshop, freehand, Ilustrator, sangat dibutuhkan didunia periklanan dan publikasi.

3. Layouter
Desainer khusus untuk membuat tataan layout sebuah majalah ataupun koran dan harus memiliki feel untuk tata letak agar terlihat enak. Sedangkan aplikasi yang harus dikuasai Oleh layouter yaitu Adobe Page Maker, MS.publisher, Adobe InDesign, sangat dibutuhkan dipercetakan dan diindistri Koran/buku/majalah

4. Art Director
Desainer khusus untuk membuat karya seni dari komputer yang digunakan untuk visual effect ataupun hanya dibuat hiasan saja. Membutuhkan kreativiras yang sangat tinggi untuk membuat karya yang sangat bagus. sedangkan software yang harus dikuasai oleh Art Director adalah : CorelDraw, Photoshop, photo paint, Art creator. sangat dibutuhkan dalam dunia perfilman dan foto editing efek.

5.Animator.
Desainer khusus bekerja dalam bidang motion graphic, iklan atau film fantasi. Jaris memiliki daua tahan tinggi, pengetahuan yang cukup tinggi, pengalaman, dan harus menguasai software Macromedia Flash, Adobe Flash, After Effect, 3d maya, gif animator, dan corel rave. sangat dibutuhkan didunia perfilman dan pertelevisian.

6. Video Editor
Desainer khusus untuk mengedit video ataupun film dan juga merangkup sebagai Video shooter, harus memiliki imajinasi tinggi dan harus menguasai Adobe After effects, 3d maya, adobe premier, ulead video studio, sony vegas, pinneacle. sangat dibutuhkan didunia perfilman dan Industri musik.

7. Visualisator
Desainer khusus untuk memberikan gambaran sebuah produk atau karya dalam bentuk real / 3d dan harus memiliki kemampuan otak kanan yang cukup tinggi serta harus menguasai 3d Max, Autocad, Swift 3d, Digital Clay. Sangat dibutuhkan di dunia visualisasi produk dan presentasi produk.


8. Integrated Desainer
Desainer khusus yang membutuhkan integrasi dengan programmer misalnya pembuatan game, cd interaktif, web
desain, dsb. Sedangakan anda harus menguasai hampir semua elemen desain. Sangat dibutuhkan di industri informatika.

Sumber : Link

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komponen Desain Grafis

SOFT COMPUTING

Definisi Animasi